in

Gua Lungun Eksotik Diantara Tebing Batu Menjulang

Hai IN People kali ini saya mengunjungi Gua Lungun di Berau Kalimantan Timur. Gua Lungun ini merupakan sebuah kuburan tua suku dayak ratusan tahun lalu yang sekarang menjadi wisata cagar budaya di Desa Merasa. Untuk menuju lokasi ini kalian bisa menggunakan mobil ataupun motor, start awal dari Bandara Kalimarau Berau – Gapura gerbang masuk Desa Merasa sekitar 2-3 jam dengan mobil, lalu dilanjut dari Gapura gerbang masuk – Desa Merasa sekitar 30 Menit dengan kondisi tidak hujan karena akses masuk menuju Desa Merasa ini belum di aspal, setelah sampai area pedesaan kalian akan diarahkan ke pos desa yang bila mana ada turis lokal ataupun mancanegara terdata, setelah itu diberikan penjelasan terkait harga perjalanan dan menerangkan sekilas spot-spot yang akan dituju oleh kakak-kakak ganteng dan cantik hhhe, soal bahasa asing jangan khawatir mereka terlatih kok. 

Situs Gua Lungun ini dapat ditempuh menggunakan katinting dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari dermaga Desa Merasa, lokasinya terletak di tebing bebatuan menjulang yang tersusun alami nan elok disepanjang sungai Kelay. Situs ini berada pada sebuah gua yang sangat kecil, akses masuknya pun sangat susah sehingga harus climbing lalu melipir tebing bebatuan hingga merayap ke sebuah lubang dengan kondisi gelap gulita untuk ukuran 1 orang normal.

Setelah melewati fasa susah-susah dahulu kalian akan dijumpai sebuah gua yang agak lumayan lebar tapi tidak tinggi sehingga harus jongkok dan disitu terdapat dua buah peti kubur lungun yang masih terjaga kondisinya, namun adapun satu peti dalam kondisi terbuka yang didalamnya bisa kalian lihat berupa tulang dan tengkorak manusia, serta terdapat piring logam, wadah keramik, wadah perunggu, manik-manik, peralatan besi, dan dayung perahu, dll yang saya tidak tahu item namanya.

Setelah puas diberikan penjelasan salah satu tour guide di Desa Merasa, kamipun berkumpul bersama dan mengabadikan momen ini saat berada di Gua Lungun. Okray see u next trip yooo… Jaga kondisi dan banyakin vitamin serta hindari keramaian agar terhindar dari wabah corona saat ini, semoga wabah corona ini segera terselesaikan dan bisa beraktivitas seperti biasanya… Amin… Hatur nuhun sadayana…. Salam hangat and follow my IG @onitograph hhhe….

Report

What do you think?

  Subscribe  
Notify of

Dangau

Embun pagi